Home / Tutorial Youtuber / Alat-alat untuk Menjadi Youtuber Pemula

Alat-alat untuk Menjadi Youtuber Pemula 0

Hallo youtubers,

Saat kamu memutuskan untuk menjadi Youtuber, mau nggak mau kamu harus tau cara memproduksi video.

Memproduksi sebuah video yang bagus sebenernya dipengaruhi oleh banyak faktor. Dari mulai story line atau jalan cerita, struktur video, peralatan, editing dan sebagainya. Kali ini saya akan membahas dari sisi peralatan. Tidak ada standard baku mengenai peralatan yang harus kamu pakai, yang penting kamu harus tau kemampuan alat yg kamu punya dan manfaatin secara maksimal

1. Kamera.

Kamu bisa pakai kamera dari berbagai macam kelas.

Bisa pakai kamera HP, DSLR, mirrorles, prosumer, action cam dan sebagainya.. apapun kamera yang kamu pilih.. sesuaikan dengan kebutuhanmu. Tapi sebelumnya, kamu mesti tahu cara kerja kamera itu gimana. Ada 3 hal dasar yang mesti kamu pahami. Yaitu Speed, aperture atau diafragma, dan ISO. 3 pilar ini yang menentukan gambar video bagus atau nggak.

Walaupun kamera yang kamu gunakan punya fungsi Auto, tetap saja gambar yang dihasilkan dari kombinasi 3hal tadi. Ditambah dengan fitur lain misalnya white balance, profile picture dsb. Dengan memahami 3 pilar tadi, maka kamu dapat memaksimalkan kinerja kamera terutama jika kameramu punya fitur seting manual.

Kalau kita pakai setingan manual, kamu akan leluasa mengatur kamera sesuai kondisi saat kamu shooting. Dibanding dengan mode Auto yang terkadang suka keliru saat melakukan metering. Perhatikan juga fokusnya.. kalau kamu pakai autofokus, biasanya sensornya akan lari ke arah objek yg lebih terang. harus perhatikan hal ini.

2. Tripod

Tripod sebenarnya bisa kamu gantikan oleh apapun selama bisa menopang kamera dan tidak goyang. tapi dengan menggunakan tripod, kamu akan lebih leluasa memposisikan kamera sesuai keinginan. Kamu dapat memilih tripod sesuai budget yg kamu punya. Dipasaran saat ini tersedia banyak pilihan dengan berbagai variasi harga. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Intinya gambar yg dihasilkan harus stabil dan tidak banyak goyang. Video yang gempa bumi akan bikin pusing yang nonton.. Kalau kamu bikin vlog dengan berjalan atau di luar ruangan bisa gunakan steady cam. Biar gambarnya lebih smooth.

Selengkapnya silahkan simak video berikut:

Recent comments

Theme developed by TouchSize - Premium WordPress Themes and Websites